.

Apakah SWIFT itu ?

Tuesday, June 11, 2013


Tiap negara mempunyai ratusan bahkan ribuan bank dengan infrastruktur dan suprastruktur berbeda. Lalu, bagaimana cara mereka  berhubungan satu sama lain melampaui perbedaan karakteristik negara, waktu, bahasa, teknis, dan teknologi ? Jawabannya adalah SWIFT.

SWIFT – kependekan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication.

SWIFT merupakan sebuah lembaga non-profit yang menyelenggarakan jaringan telekomunikasi online antar para anggotanya. Berdiri sejak 1 Mei 1973 dan berkantor pusat di Belgia, kini SWIFT memiliki anggota sebanyak 518 bank/lembaga keuangan dari 22 negara dengan total volume message mencapai 4 milyar per tahun.

SWIFT memungkinkan penggunanya dapat bertukar informasi keuangan yang telah distandarisasi secara aman dan terpercaya, sehingga dapat menurunkan biaya, mengurangi risiko operasional dan meningkatkan efisiensi operasional. Semua anggota menggunakan sarana telekomunikasi online via sistem SWIFT dengan cakupan ke seluruh dunia sebagai alternatif penggunaan sarana komunikasi dengan telex. Ya, zaman memang berubah. Sarana telex kini sudah tidak populer lagi. Ini karena telex memiliki kelemahan, yaitu proses autentikasi (validasi keabsahan) yang dilakukan secara manual dengan kode testkey. Sedangkan dengan SWIFT, proses autentikasi dilakukan secara otomatis.


Lembaga Penyelenggara Komunikasi Keuangan Global

Penyelenggaraan jaringan hubungan telekomunikasi ini digunakan para anggota SWIFT untuk pengiriman dan penerimaan berita finansial maupun non finansial dengan menggunakan aturan tertentu dan standar berita/ message yang seragam di antara anggota.

SWIFT didirikan tahun 1973 oleh beberapa bank untuk menciptakan jaringan berskala internasional dan menggunakan standard yang disepakati untuk melakukan transaksi keuangan dunia. Operating centre yang pertama dibuka pada tahun 1976 dan SWIFT mulai beroperasi pada tahun 1977.

SWIFT memperluas jangkauannya ke Amerika Serikat pada tahun 1979 dan ke Asia pada tahun 1980. Saat ini SWIFT merupakan jantung industri keuangan, menangani lebih dari 4 milyar message per tahun. SWIFT berkantor pusat di Belgia dan memiliki perwakilan di beberapa kota pusat keuangan dunia. SWIFT hanya bertindak sebagai pengantar berita dan tidak mengelola rekening nasabah atau menyimpan data keuangan nasabah secara berkala.

SWIFT merupakan lembaga koperasi dibawah hukum Belgia yang sahamnya dimiliki oleh para anggota SWIFT. Para anggota sebagai pemegang saham memilih Board yang terdiri dari 25 direktur independen yang bertugas mengelola dan mengawasi manajemen organisasi. SWIFT dikelola oleh Executive Committee yang dipimpin oleh Chief Executive Officer. Board dan SWIFT Executive bekerja bersama dengan National Member Groups, User Groups dan Working Groups mengembangkan kebijakan dan mendiskusikan produk, layanan dan standard message.

National User Groups

National User Group adalah asosiasi yang beranggotakan pengguna SWIFT dalam suatu negara yang dibentuk sebagai sarana komunikasi antar anggota untuk mendiskusikan permasalahan operasional SWIFT sehari-hari. Para anggota secara berkala mengadakan forum untuk berkoordinasi dan melakukan sharing.

Tugas utama National User Group adalah menyediakan sarana untuk SWIFT agar lebih mudah mengkomunikasikan SWIFT updates kepada anggota tanpa harus bertemu dengan anggota satu persatu. National User Group di Indonesia bernama Asosiasi SWIFT Indonesia yang saat ini beranggotakan 62 bank di Indnesia yang terdiri dari bank nasional, bank daerah dan perwakilan bank asing. Bank Mandiri terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi SWIFT Indonesia untuk dua kali periode, yaitu 2005-2008 dan 2008-2011.

Dibandingkan dengan sarana komunikasi konvensional seperti telex dan surat, SWIFT memiliki keuntungan lebih dalam pengiriman berita finansial. 

Apa saja keuntungannya? Pertama kali beroperasi tahun 1977, SWIFT mempunyai tujuan menyediakan sarana komunikasi berskala internasional bagi sesama anggota yang terdiri dari perbankan dan lembaga keuangan untuk saling berkirim berita finansial secara cepat, aman, efisien, dan terstandarisir.

Adapun keuntungan menggunakan sarana SWIFT diantaranya adalah standarisasi format dan kategori berita dan adanya pengecekan keabsahan user SWIFT. Selain itu, SWIFT pun menyediakan layanan penggunaan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Tak hanya itu, tersedia pula message storage dan Customer Service Centre serta aman karena adanya data encryption, RMA (Relationship Management Application) dan login select. Menariknya lagi, prosesnya hanya memerlukan waktu 20 detik untuk pengiriman berita. Sejak berdiri jumlah anggota
SWIFT adalah 518 bank/ lembaga keuangan dari 22 negara. Sebagai bahan perbandingan pada tahun 2010, jumlah anggota telah berkembang pesat dan saat ini telah mencapai jumlah 9.424 bank/ lembaga keuangan dari total 209 negara

No comments:

Post a Comment