.

Sekilas tentang EUROCLEAR

Tuesday, June 11, 2013



Berikut ini Sekilas tentang EUROCLEAR untuk anda pembaca. Euroclear merupakan institusi penyedia jasa keuangan yang memfokuskan pada aktivitas clearing dan settlement pasar uang dan pasar modal. 
 
Didirikan pada tahun 1971 dan semula berawal sebagai bagian dari JP Morgan & Co. Euroclear melakukan proses penyelesaian transaksi efek untuk pasar domestik di Eropa dan juga untuk pasar Internasional. Meliputi penyelesaian transaksi untuk jenis instrumen obligasi, saham dan reksadana. Namun Euroclear merupakan central securities depository terbesar untuk pasar obigasi di dunia.

Perkembangan industri pasar modal semakin mengglobal. Setiap institusi lembaga keuangan dan pasar modal di berbagai negara perlu memahami berbagai perkembangan yang terkait dengan layanan jasanya.
Euroclear merupakan institusi penyedia jasa keuangan yang memfokuskan pada aktivitas clearing dan settlement pasar uang dan pasar modal. Didirikan pada tahun 1971 dan semula berawal sebagai bagian dari JP Morgan & Co. Euroclear melakukan proses penyelesaian transaksi efek untuk pasar domestik di Eropa dan juga untuk pasar Internasional. Meliputi penyelesaian transaksi untuk jenis instrumen obligasi, saham dan reksadana. Namun Euroclear merupakan central securities depository terbesar untuk pasar obigasi di dunia.

Euroclear berperan sebagai central depository untuk beberapa negara Eropa seperti Belanda, Perancis, Irlandia, Inggris dan Belgia. Central Depository Belgia (CIK) bergabung dengan Euroclear mulai Januari 2006. Saat ini Euroclear berdomisili di Brussel, Belgia. Selain sebagai central depository untuk Eropa, Euroclear juga dapat dikatakan central depository untuk internasional karena terhubung dengan institusi keuangan dan pasar modal dari sekitar 80 negara lain di dunia dan dapat menjalankan instruksi penyelesaian untuk institusi tersebut.

Dari 80 negara tersebut, terdapat sekitar 2.000 partisipan yang menjadi member dari Euroclear. Kebanyakan dari mereka adalah bank, broker-dealer dan institusi keuangan profesional lainnya yang terkait dengan penerbitan efek baru (Initial Public Offering), market-making, perdagangan dan transaksi, penyimpanan efek serta pemrosesan berbagai jenis corporate action. Untuk menjadi anggota Euroclear, ada 4 persyaratan yang harus dipenuhi :
  • Kecukupan / kemapanan finansial
  • Kemampuan teknologi untuk menggunakan sistem Euroclear
  • Memiliki kebutuhan akan penggunaan sistem Euroclear
  • Memiliki reputasi yang baik di pasar keuangan atau pasar modal
Selain keempat persyaratan di atas, yang lebih utama adalah kebijakan anti-money loundering yang telah sepenuhnya diterapkan oleh institusi terkait.

Dengan memiliki jaringan yang luas di tingkat internasional, peran Euroclear sangatlah strategis dalam bisnis keuangan dan pasar modal lintas negara, terutama di Eropa. Bentuk-bentuk layanan jasa yang diberikan oleh Euroclear secara garis besar adalah sebagai berikut :
  • Settlement (Penyelesaian Transaksi)
    Settlement adalah proses penyelesaian transaksi efek yang dilakukan secara pemindahbukuan. Dilakukan dengan pemindahan posisi efek, biasanya disertai dengan pembayaran uang (Delivery Versus Payment) antara dua pihak. Ini merupakan layanan jasa utama Euroclear. Seperti yang disebut di awal, jenis efek yang dapat ditransaksikan meliputi saham, obligasi, reksadana dan surat utang jangka pendek atau surat berharga lainnya.
    Kedua belah pihak harus melakukan input atas transaksi tersebut. Biasanya anggota Euroclear juga sudah menerapkan konsep STP (Straight Through Processing) yang dapat menghubungkan secara otomatis antara sistem internal perusahaan tersebut dengan sistem Euroclear. Setelah instruksi diterima, sistem Euroclear akan melakukan matching process. Bila instruksi Matched dan posisi efek dan uang mencukupi, maka proses settlement akan dilakukan seketika. Dengan perpindahan efek ini, otomatis kepemilikan atas efek berpindah kepada pihak pembeli.
    Proses settlement ini dapat dilakukan antara pihak yang berada dalam negara yang sama, maupun antar negara yang berbeda (cross border settlement).
  • Asset Servicing
    Merupakan layanan jasa kustodian (penyimpanan efek), meliputi securities safekeeping, penerbitan efek baru, data kepemilikan, monitor dan proses income distributionscorporate action dan hal lain berkaitan dengan perpajakan. Asset servicing sangat penting guna mendukung proses penyelesaian transaksi.
  • Asset Optimisation
    Asset optimisation membantu anggota Euroclear dalam mengoptimalkan penggunaan assetnya, terutama untuk kebutuhan penyelesaian transaksi atau bentuk lain seperti hubungan dengan pihak ketiga. Asset optimisation meliputi jasa perbankan, pemberian kredit (intraday liquidity), jaminan, pinjam meminjam efek (securities lending & borrowing), Repo, dsb.
Demikianlah Sekilas tentang EUROCLEAR, semoga dapat menambah informasi bagi kita semua.

1 comment:

  1. apa perbedaan dgn clearstream ?
    mohon sharing nya dong
    salam

    ReplyDelete