.

Proses Komunikasi antara Pengirim dan Penerima Pesan SWIFT (SWIFT Message)

Tuesday, June 11, 2013



SWIFT memiliki proses dalam pengiriman berita dari bank pengirim (sender) sampai dengan diterimanya berita tersebut oleh bank penerima (receiver). Seperti apakah prosesnya ?


Berita yang dikirim oleh bank pengirim (sender) ke SWIFT disebut input message, karena berita tersebut merupakan berita yang masuk ke SWIFT . Oleh SWIFT , berita diproses dengan cara diperiksa (validation checking), diberi nomor urut penerimaan yaitu ISN (Input Sequence Number) yang unik (Unique Referencing) – artinya tiap bank mempunyai nomor urut sendiri, dan kemudian berita disimpan (Message storage).

Setelah menerima berita tersebut, SWIFT akan mengirimkan ACK (Acknowledgement) yaitu tanda terima oleh SWIFT bahwa message telah diterima dari pengirim (sender). Berita tersebut akan diteruskan oleh SWIFT ke bank penerima (Receiver) yang merupakan output message bagi bank penerima (Receiver). Bank penerima akan mengirimkan UAK (user Acknowledgement) sebagai tanda bahwa message tersebut telah diterima dengan baik.


Setiap Bank pengguna SWIFT menerima laporan dari SWIFT mengenai berita – berita yang belum dapat terkirim ke Bank yang dituju sampai dengan pukul 01.00 GMT atau waktu 08.00  WIB berupa MT 082 (Undelivered Message Report at Fixed Hour). Adapun penyebab dari belum terkirimnya berita disebabkan beberapa factor diantaranya : perbedaan waktu antara bank pengirim dan bank penerima, hari libur di bank penerima, atau bank penerima belum membuka hubungan ke SWIFT (login & select)


Kategori-kategori Pesan (Message Categories)

Message type SWIFT terdiri dari 2 jenis, yaitu user to user message (kategori 1-9) yakni message yang ditukarkan antara anggota SWIFT , misalnya MT103 dan MT202. Dan, System Message (kategori 0) yaitu message yang ditujukan dan dikirim oleh anggota SWIFT ke SWIFT system atau sebaliknya, misalnya MT082, MT094, dan Lainnya.

SWIFT juga menyediakan Common Group message yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu yaitu : N90 (Advice of charges, interest and other adjustment); N91 (Request for payment of charges,interest and other expenses); N92 (Request for cancellation); N95 (Queries); N96 (Answers); dan N99 (Free Format). Dalam hal ini “N” digantikan dengan category number (1- 9), dengan demikian misalnya kita ingin mengirimkan berita query ke bank koresponden tentang suatu payment transfer, maka kita menggunakan MT195 atau MT795 apabila query tersebut berhubungan dengan transaksi Trade Service .

Guna memudahkan anggota untuk mengidentifikasi suatu berita, SWIFT menyediakan 10 kategori berita yang harus ditaati penggunaannya oleh anggota sehingga berita yang dikirim ke bank koresponden dapat diproses secara STP (Straight Through Processing). Dengan demikian apabila bank menerima berita dengan Message Category yang tidak sesuai, bank berhak untuk menolak berita tersebut dan menyampaikan kepada pihak pengirim agar mengirim ulang berita tersebut dengan kategori berita yang sesuai dengan yang disepakati atau dimaksud sebelumnya.

2 comments:

  1. Hebat & salut.....
    Sy ingin sekali mengerti ttg yg hal ini.
    Trimaksh ilmu nya pak.smoga Tuhan membalas dgn blipat ganda

    ReplyDelete
  2. Trims sharing yg bermanfaat. Boleh sharing nmr hp / emailnya?

    ReplyDelete